Upacara buka punden ngliman

Dalam rangka mengikuti kegiatan Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES) Tahun 2022, peserta bidang Ilmu Sosial dan Humaniora (ISH) adakan penelitian upacara tahunan Desa Ngliman yakni Buka Punden Besaran.

Acara tersebut diatas sangat dihargai dan dihormati oleh berbagai pihak baik formal maupun non formal, sampai sekarang ini. Mengingat sejarah Desa Ngliman tidak terlepas dari sejarah Masyarakat di Kabupaten Nganjuk, sedangkan mengenai asal usul nama desa Ngliman, adalah pada zaman dahulu kala Cikal bakal/orang pertama yang babat/membuka lahan desa adalah orang ”NGALIM” atau (basa Jawa) yang artinya Ulama/Penyiar Agama Islam.

Ini terbukti dari peninggalan Sejarah seperti misalnya, Masjid, Makam Wetan, Makam Kulon,Gedung Pusaka,lengkap dengan Pusakanya bahkan sampai sekarang masih di uri-uri/dilestarikan oleh warga masyarakat desa Ngliman, yang didukung oleh Dinas Pariwisata kabupaten Nganjuk seperti :

  • Upacara Adat (Ritual Jamas Pusaka) pada bulan Jawa bulan Suro (Muharam).
  • Upacara Adat (Ritual Kirap Pusaka) pada bulan Mulud).
  • Buka Punden pada bulan Ruwah, Besar dan hari Raya Idul Fitri.
  • Upacara Adat (Mandi Bersama di Sedudo) pada bulan Suro tepatnya pada pertengahan malam (malam bulan purnama).
  • Haul Agung Kyai Ageng Ngaliman.

Peserta MYRES Bidang Penelitian ISH sangat tertarik dengan kegiatan tersebut, dan rencana akan dijadikan sebagai bahan penelitian nantinya. Ada tiga peserta siswi MTsN 6 Nganjuk serta di dampingi dua guru pendamping yang mengikuti kegiatan tersebut.

Dalam acara Buka Punden tersebut dilaksanakan pada dua tempat. Pertama di Makom Mbah Ngliman disisi Timur, dan yang kedua di Makom Mbah Ngliman sisi Barat. Acara dibuka di Pendopo Desa Ngliman dengan didahului arak-arakan yang menuju Makom Timur, kemudian kembali lagi dan kedua arak-arakan menuju Makom Barat. Acara didahului dengan siraman kembang dan selanjutnya kirim do’a dan tahlil.

Alhamdulillah, acara berjalan dengan lancar. Ketiga peserta juga sangat antusias dalam melakukan penelitian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *