Alhamdulillah, MTsN 6 Nganjuk ditunjuk sebagai tuan rumah Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru Madrasah Tsanawiyah Negeri Sekabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2022/2023. Kegiatan ini dilaksanakan dua hari mulai tanggal 15 s.d 16 Juli 2022, dengan jumlah peserta 100 Guru Madrasah. Dimana tiap masing-masing MTsN 1 s.d 10 Nganjuk mengirimkan 10 perwakilan peserta.

Hari ini, Jum’at, 15 Juli 2022 Pembukaan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru MTsN Kab. Nganjuk berjalan dengan lancar. Acara dibuka pukul 08.00 WIB dengan susunan acara, pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Qur’an, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Marsmadrasah, dilanjutkan sambutan Kepala Kankemenag, dan diakhiri dengan Do’a. Acara pembukaan ditutup pukul 10.00 WIB. Selanjutnya dimulainya Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru MTsN Kab. Nganjuk hingga usai pukul 16.00 WIB.

Adapun widyaiswara yang mengisi Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru MTsN Kab. Nganjuk yaitu Drs. H. Khamim Thohari, M.Ed dan Drs. Sutowijoyo,M.Pd dari Balai Diklat Keagamaan Surabaya.

“Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang bertujuan untuk mengasah minat dan bakat anak sejak dini dengan berfokus pada materi esensial, pengembangan karakter, dan kompetensi peserta didik.” Penjelesan singkat Bapak Khamim Thohari.

Beliau juga menambahkan “Kurikulum Merdeka sudah diuji coba di 2.500 sekolah penggerak. Tidak hanya di sekolah penggerak, kurikulum ini juga diluncurkan di sekolah lainnya. Menurut data Kemdikbud Ristek, sampai saat ini, telah ada sebanyak 143.265 sekolah yang sudah menggunakan Kurikulum Merdeka. Jumlah ini akan terus meningkat seiring mulai diberlakukannya Kurikulum Merdeka pada tahun ajaran 2022/2023 di jenjang TK, SD, SMP, hingga SMA.”

Leave a Reply

Your email address will not be published.